Selasa, 13 Juli 2010

Istilah-Istilah Penanganan Muatan & Transportasi Laut

Istilah-Istilah Penanganan Muatan & Transportasi Laut




Despatch adalah pengiriman; lamanya kapal singgah di pelabuhan; penyelesaian pemuatan atau pembongkaran lebih cepat dari waktu yang disetujui. Despatch Money adalah uang kompensasi despatch.

Deviation Clause adalah keterlambatan kapal yang disebabkan oleh perubahan track atau haluan kapal untuk menghindari bahaya navigasi yang mengancam. Keterlambatan karena perubahan haluan kapal tersebut ditanggung oleh kedua belah pihak (shipper dan carrier). Direct B/L adalah B/L mengenai muatan yang ditujukan ke pelabuhan tertentu.

Displacement = Berat benaman adalah adalah berat zat cair yang dipindahkan oleh kapal itu, atau hasil penjumlahan dari berat kapal kosong (light displacemen) dan Dead Weight. Disponent Owners adalah pencharter yang menyewakan kembali kapal yang dicharternya dari ship’s owner. Dock Water Allowance (DWA) adalah perubahan draft rata-rata jika kapal berlayar dari air payau ke air laut, atau sebaliknya.

Down adalah suatu keadaan dimana kapal dimuati hingga mencapaai sarat maksimum yang diijinkan. Draught adalah,; benaman; jarak dari lunas sampai garis air. Dry Container adalah (peti kemas untuk barang kering dalam bentuk umum). Peti kemas dari jenis ini digunakan antara lain untuk membawa barang-barang campuran atau “general cargo” dimana tidak diperlukan sesuatu perlakuan khusus seperti udara dan peranginan lantai, dinding dan pintunya dibuat sedemikian rupa sehingga cukup menjamin keamanan barang itu sendiri.

Due diligence adalah klausul dalam The Huge Rules article III yang menyatakan tentang kewajiban carrier sebelum dilakukan pemuatan wajib menyiapkan ruang muatan (dilakukan pembersihan palka), kapalnya di buat layak laut (melengkapi alat-alat keselamatan, melengkapi certifikat dan dokumen kapal, menyediakan perbekalan yang cukup,dll)

Dunnage adalah

1. sesuatu yang ditempatkan antar muatan, atau antara muatan dan lantai/dinding palka kapal, yang berfungsi sebagai penopang muatan untuk melindungi muatan.

2. terapan; ganjal; bahan-bahan pemisah muatan supaya jangan beradu/bersentuhan satu sama lain Dunnage Tetap adalah Dunnage yang sudah dipasang diatas kapal sejak kapal dibangun, dan dunnage ini sifatnya tetap tidak boleh dilepas dari posisinya. Biasanya dipasang pada gading-gading, pada sekat kedap air, pada lantai ruang palka, pada rangka kayu yang menutupi pilar-pilar dan pipa-pipa dalam ruang palka (wooden cashing). Dunnage Tidak Tetap adalah dunnage yang disiapkan dikapal sesuai dengan jenis dan sifat muatan yang akan dimuat, pada umunya berupa papan kayu, sasak, kepang, plastik, kayu balok, net nylon, kertas dll.

Dwelling Time adalah rata-rata tiap ton atau meter kubik atau peti kemas yang ditumpuk selama satu bulan. Ekspeditur (Perusahan Ekspedisi Muatan Kapal Laut = EMKL, FORWARDING, dll) adalah perusahaan yang menyelenggarakan usaha melayani pengurusan dokumen-dokumen serta system prosedur yang diperlukan untuk mengirim/mengeluarkan barang ke dan dari kapal/gudang/lapangan penumpukan container di pelabuhan.

Elevator adalah

1. alat muat bongkar untuk muatan curah.

2. mesin penghisap untuk memuat/membong-kar muatan curah seperti beras, gandum, tepung, semen, dll

Embarkation adalah naiknya penumpang ke dalam kapal. Employment adalah pemakaian kapal dalam dinas pelayaran tertentu

Endorsee adalah orang; kepada siapa pemegang Order B/L memindahkan haknya atas B/L yang bersangkutan. Endorser adalah orang yang memindahkan haknya atas Bill of Lading, endorsant. Endorsment adalah pemindaan hak atas Order B/L

Except Bewijs adalah tanda bukti kekurangan; Non Delivery Report

Expenses adalah biaya-biaya kapal selama dipelabuhan

Explosimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar gas hidrokarbon, atau disebut juga Combustion Gas Indicator (petunjuk gas yang dapat terbakar).

Fair Wear and Tear adalah kerusakan atau kemunduran kondisi benda-benda sebagai akibat pemakaian/keausan normal.

Faktur Penjualan Barang adalah dokumen yang membenarkan bahwa eksportir secara sah tidak memberi barang

yang diluar kepada si pembeli.

FCL (Full Container Load) adalah container yang berisi muatan milik satu shipper.

FCL/FCL, FCL/LCL, LCL/LCL, adalah salah satu system pemuatan dan pembongkaran barang dari dan kedalam

container.

Feeder Service adalah satu pelayaran yang melayani angkutan antara pelabuhan pedalaman dengan pelabuhan

pengumpul (Induk); kapal yang melayani pengangkutan muatan barang-barang impor yang dibongkar kapal-kapal

samudera di pelabuhan induk untuk diangkut ke pelabuhan-pelabuhan di sekitar pelabuhan induk.

Fighting Ship adalah kapal cargo yang dioperasikan untuk membayangi kapal saingan dengan tarif angkutan sangat

rendah; tujuannya mematikan saingan tersebut. Di banyak negara praktek Fighting Ship tidak diijinkan.

Filler Cargo adalah muatan berukuran kecil yang dipakai untuk mengisi ruangan yang tidak bisa dipakai untuk

muatan-muatan besar, yang bertujuan untuk memperkecil Broken Stowage.

Final Stowage Plan adalah bagan pemadatan muatan didalam palka kapal setelah muatan selesai dimuat di kapal.

First Carrier adalah pengangkut pertama, yang mengangkut dari pelabuhan pemuatan sampai pelabuhan

transhipment

Fixture Memo adalah ringkasan (extract) charter party, dibuat sebelum penandatanganan Charter Party yang

bersangkutan. Fixture Note

Flag of Convenience adalah bendera pemerintah yang dapat dipakai kapal (dengan persyaratan safety yang ringan);

maksudnya adalah mendaftarkan kapal di negara lain (yang mengenakan tarif dan syarat pendaftaran lebih ringan)

dengan maksud untuk menekan biaya eksploitasi kapal

Flammable solid adalah zat yang padat (muatan berbahaya class 4) yang mudah menyala dan menyebar jika

berhubungan dengan nyala (ignition) seperti korek api.

Flat Rack Container adalah jenis container yang berupa container terbuka yang berfungsi untuk memuat barang-

barang yang tidak dipack.

Flenzen adalah muatan yang datangnya terlambat pada saat kapal akan berangkat sehingga belum ditempatkan di

palka dengan baik (temporary stowage).

Float, a adalah terapung

Force Majeur adalah keadaan/situasi yang tidak dapat dikuasai dengan tindakan manusia

Forklift adalah alat yang digunakan untuk mengatur muatan di gudang; pesawat garpu angkat besar untuk memindahkan peti kemas

Foul Bill of Lading adalah Bill of Lading yang di dalamnya terdapat catatan tentang kerusakan muatan.

Free Board adalah jarak tegak antara sisi atas deck line sampai dengan permukaan air saat itu.

Free from Particular Average (FPA) adalah bebas dari particular average

Free in (FI) adalah syarat pengapalan yang menetapkan bahwa biaya pemuatan dibayar oleh

pengiriman/pencharter/charterer

Free In and Out Stowed (FIOS) adalah biaya-biaya pemutan, pembongkaran dan pemadatan muatan ditanggung

oleh pemilik muatan atau pencharter

Free Moisture adalah upaya melindungi muatan terhadap cairan yang terdapat di palka, yang disebabkan oleh

adanya kebocoran lambung, tangki atau tutup palka tidak kedap air, cairan yang mengalir dari deck, kebocoran pada

pipa-pipa sanitari, pipa pengisian air tawar, dll.

Free of Capture and Seizure (FC & S) adalah bebas dari kerugian akibat penangkapan dan penahanan barang

pertanggungan oleh penguasa/pemerintah

Free on Board (FOB) adalah syarat penjualan yang menetapkan bahwa penjual menanggung biaya-biaya sampai

barang dimuat di atas kapal

Free Out (FO) adalah syarat pengapalan yang menetapkan bahwa biaya pembongkaran dibayar oleh

consignee/charterer

Freight adalah uang tambang; muatan; uang sewa charter (khusus dalam Trip Charter)

Freight Conference adalah persekutuan perusahaan-perusahaan liner service antar benua dalam wilayah operasi

tertentu, untuk mengatur tarif angkutan, alokasi muatan dan syarat-syarat pengangkutan

Freight Prepaid adalah uang tambang dibayar tunai ketika muatan dikapalkan/dimuat

Freight, Back adalah tambahan uang tambang atas pengembalian muatan kapal yang tidak dapat diserahkan di

pelabuhan tujuannya (misalnya ditolak oleh consignee)

Freight, Distance adalah uang tambang ekstra/ tambahan yang harus dibayar kalau kapal terpakasa membongkar

muatan di tempat lain yang jauh dari tempat tujuan yang disebut dalam B/L (karena pelabuhan tujuan tak dapat

dimasuki sebab ada pemogokan, wabah penyakit, dan lain-lain)

Fresh Water Allowance (FWA) adalah perubahan draft rata-rata jika kapal berlayar dari air tawar ke air laut atau

sebaliknya.

Full adalah suatu keadaan dimana kapal dimuati hingga seluruh ruang muat penuh.

Full and Down adalah suatu keadaan dimana kapal dimuati hingga seluruh ruang muat penuh dan mencapaai sarat

maksimum yang diijinkan.

G = Gravity = Centre Of Gravity = tititk berat kapal adalah titik tangkap dari semua gaya yang bekerja ke bawah.

Letak titik G tergantung dari pembagian bobot di kapal. Titik G bekerja gaya ke bawah yang besarnya sama dengan berat benaman atau berat zat cair yang dipindahkan oleh kapal atau berat seluruh kapal termasuk muatan, dll.

Gang Hour adalah kemampuan buruh dalam muat bongkar barang dalam setiap jamnya.

Gas adalah suatu zat (muatan berbahaya dalam bentuk gas) yang mempunyai tekanan uap lebih besar dari 300 K

Pa pada suhu 500 C atau akan menjadi gas dengan suhu 200 C pada tekanan atmosfir. Gas ada yang berbahaya

dan ada yang tidak berbahaya

Gas Free adalah pemeriksaan tangki atau ruang muat dengan menggunakan alat tertentu (gas detector) yang

menyatakan bahwa tangki atau ruang muat telah aman dari gas beracun atau resiko meledak.

Gas Freeing (pembebasan gas) adalah pembersihan toxid (racun), flammable atau inert gas (uap) dari ruangan

tangki atau container yang diikuti oleh pemasukan udara segar kedalam tangki/container.

Gas Safe (aman dari gas) adalah suatu daerah/ruangan yang tidak dirancang sebagai suatu daerah untuk gas

berbahaya.

General Average adalah kerusakan umum; semua kerugian dan biaya yang dalam keadaan darurat sengaja di buat,

dengan tujuan untuk menye-lamatkan kapal dan muatannya

General Average adalah perbandingan pengorbanan dari semua pihak yang berkepentingan sesuai dengan nilai dari

barang yang dimilikinya, pada waktu sejumlah barang muatan dikorbankan untuk menyelamatkan kapal dan muatan

lainnya dari suatu bahaya.

General Average Adjuster adalah ahli mengurus dn menghitung besarnya kerugian General Average serta

menetapkan besarnya kerugian masing-masing pihak yang terlibat dalam tindakan General Average

General Average Bond adalah uang jaminan General Average yang harus dibayar oleh pemilik muatan ketika

mengambil barangnya

General Cargo Rates adalah tarif untuk barang-barang yang tidak termasuk kedalam commodity rates ataupun class

rates.

Grain Capacity adalah volume ruang palka dihitung dari floor sampai pertengahan deck beam dan antara

pertengahan gading-gading frame.

Grain Cargo adalah muatan berupa barang-barang berbutir seperti beras, gandum, dll

Grantry Crane adalah alat muat bongkar untuk muatan container; crane raksasa yang dipasang di atas rel sepanjang

dermaga pelabuhan, untuk membongkar dan memuat peti kemas dari dan ke kapal

Gross Freight adalah uang tambang kotor yang belum dikurangi rabat

Ground, a adalah kandas; bertumpu pada dasar laut

GRT= Gross Tonnage adalah volume semua ruang yang dapat di tutup kedap air, Besar kecilnya GRT sudah tertera

dalam sertifikat kapal.

Gudang Entreport adalah gudang tempat menyimpan barang-barang impor yang belum sepenuhya memenuhi

kewajiban-kewajibannya membayar bea masuk Gudang Laut = Gudang Diepzee; Gudang Linie ke-I; Gudang Pabean, adalah gudang yang terletak di tepi laut (on

the waterfront), tempat menyimpan barang-barang yang baru saja dibongkar dari kapal atau segera untuk dimuat di

atas kapal

Hague Rules, The adalah Konvensi Internasional tentang pengangkutan di laut, yang dihasilkan oleh International

Law Association yang ditanda tangani secara resmi oleh negara-negara maritime di kota Den Haag Belanda pada

tanggal 25 Agustus 1924.

Hard Arm adalah lengan pipa yang digunakan pada terminal-terminal untuk menghubungkan, pipa tepi pantai ke ship

manifold.

Hatch adalah palka

Hatch List adalah sebuah daftar barang dan nomor palkanya yang akan dibongkar di tiap pelabuhan bersangkutan.

Heavy Cargo= Heavy Lift Cargo= muatan berat adalah muatan yang SF-nya < km =” KB” tolak =” Berat” benaman =”

Displacement” tongkang =” barges).”> 40 cuft/longton atau > 1,16 m3/ton, misalnya kopi, beras, semen, kapas, rotan,

dll.

Light Displacement adalah berat benaman kapal kosong.

Light Load Line (LLL) adalah garis air kapal kosong

Light Ship (berat kapal kosong) adalah berat badan kapal ditambah inventaris tetap.

Lighterage adalah usaha jasa dalam bidang angkutan barang, yang mengangkut muatan dari darat ke kapal-kapal

yang berlabuh atau sebaliknya dari kapal ke darat.

Liner Service adalah dinas pelayaran dengan route tetap dan teratur

Liquified Natural Gas (LNG) adalah gas alam yang dicairkan

Liquified Petroleum Gas (LPG) adalah gas minyak bumi yang dicairkan

Loaded Displacement adalah berat benaman kapal pada sarat maksimum.

Loadline Certificate adalah sertifikat yang menetapkan minimum dan maksimum lambung kapal boleh timbul

dipermukaan air

Locker adalah ruangan kecil di kapal (biasanya pada tween deck) yang diperkuat dengan terali besi dan di gembok;

tempat menyimpan muatan berharga tinggi

Log Carrier adalah kapal khusus pengangkut kayu balok

Long Hatch adalah keterlambatan muat bongkar karena terlambat disalah satu palka. (muatan yang seharusnya

dibongkar disuatu pelabuhan, tertindih oleh muatan yang untuk pelabuhan berikutnya).

Long Lengt Rates adalah tarif yang dikenakan untuk barang-barang yang panjang tiap kolinya melebihi batas

panjang yang telah ditetapkan.

Longlenght Cargo adalah muatang yang panjangnya melebihi jangka mulut palka (hatch coaming).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar